Dilarutkan dan Diblender, 1,5 Kg Sabu-sabu Milik Dua Kurir Narkoba di Pekanbaru Dimusnahkan Polisi

Logo
Ilustrasi sabu-sabu.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Kepolisian Sektor (Polsek) Lima Puluh pada hari ini, Senin (10/9/2018), memusnahkan sebanyak 1,5 kilogram sabu-sabu yang menjadi barang bukti yang diamankan petugas saat melakukan penangkapan terhadap dua orang pria yang merupakan kurir narkoba, PG alias Paten (39) dan RH alias Solin (31).

Adapun keduanya diciduk di rumah kontrakan di Jalan Damai, Kelurahan Sri Palas, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Selasa (28/8/2018) lalu. Petugas dalam penggerebekan itu turut menyita barang bukti narkotika jenis sabu-sabu seberat 1.586,3 gram atau 1,5 kilogram lebih yang dibagi menjadi beberapa bungkusan.

Kemudian, petugas juga mengamankan puluhan plastik bening kosong berles merah yang diduga menjadi pembungkus sabu dalam paket kecil atau sedang, sebuah timbangan digital, dan 1 unit HP. Diketahui, barang haram itu dimusnahkan secara bertahap dengan cara dilarutkan dengan air, kemudian diblender.

Selanjutnya, larutan sabu tersebut ditampung dengan sebuah ember dan kemudian dibuang ke saluran pembuangan. Di sisi lain, sebagian barang bukti itu pun juga disisihkan guna kepentingan laboratorium dan pembuktian di persidangan. Terpantau, kegiatan pemusnahan dipimpin Kapolsek Lima Puluh Kompol Angga F Herlambang, yang diwakili Kanit Reskrim Iptu Abdul Halim.

Tampak hadir juga perwakilan dari kejaksaan, BNNK Pekanbaru, Satres Narkoba Polresta Pekanbaru, pengacara tersangka, termasuk kedua tersangka, PG dan RH. Menurut Kanit Reskrim Polsek Lima Puluh Iptu Abdul Halim, barang bukti itu dimusnahkan berdasarkan petunjuk atau penetapan dari pihak kejaksaan.

Saat ini, jelasnya, pihaknya masih melakukan pengembangan lanjutan guna menangkap pelaku lainnya.

"Sedang kami lakukan penyelidikan terhadap satu orang lagi berinisial A, sedang kami buru keberadaannya," katanya.

Dia memaparkan, A diduga merupakan pengendali sekaligus penyuplai sabu-sabu kepada dua kurir ini. Halim sendiri belum lama ini sempat membeberkan, A terindikasi tidak berada di daerah Riau. Terakhir A diketahui kabur ke daerah Sukabumi. Dijelaskan Kanit Reskrim, A merupakan pengendali kedua orang kurir yang ditangkap pihaknya.

"A ini yang ngatur, nanti disuruh jemput barang ke suatu tempat. Kurir ini nunggu perintah selanjutnya, ke mana barang ini mau diantar," tutupnya. (rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)