Temukan 783 DPT Ganda, Bawaslu Pelalawan Koordinasi dengan KPU dan Parpol

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PANGKALAN KERINCI - Sebanyak 783 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda di Kabupaten Pelalawan dari 200.876 DPT Pemilu 2019 yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan ditemukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan.

Ketua KPU Pelalawan, Asmadi SH MH, mengatakan, jumlah 783 DPT ganda itu merupakan temuan dari Bawaslu melalui sistem pengecekan yang dilakukan. Adapun KPU, Bawaslu, dan Partai Politik (Parpol) langsung menindaklanjuti temuan tersebut.

"Kami terus lakukan verifikasi terhadap temuan itu. Untuk kelancaran Pemilu dan agar tidak ada persoalan mengenai pemilih," katanya, Kamis (13/9/2018).

Dipaparkannya, dari 783 DPT ganda itu, 711 di antaranya ganda tidak identik karena nama dan alamat sama, tetapi Nomor Induk Kependudukan (NIK) berbeda. Kemudian, ada pula yang nama dan NIK sama, tetapi alamat berbeda, serta beberapa contoh lainnya. Sementara itu, 72 DPT di antaranya ganda identik.

Itu berarti, ada 32 identitas yang terdaftar dua kali di DPT yang disahkan KPU. Adapun dalam kasus tersebut, KPU langsung mencoret 32 data yang ganda lainya dan menyisakan 32 DPT aslinya.

"Untuk yang 711 kami harus verifikasi faktual ke lapangan untuk mengecek langsung ke alamat pemilih," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)