Bawaslu Kampar Temukan 1.593 DPT Ganda untuk Pemilu 2019

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHIST.COM) BANGKINANG - Bagi daerah Kampar, DPT Ganda untuk Pemilihan Umum 2019 bukanlah hal yang baru. Sebab, Bawaslu Kampar pernah menemukan 4.174 pemilih ganda dalam proses pemutakhiran data di KPU.

Menurut Ketua Bawaslu Kampar, Syawir Abdullah, hasil pencermatan itu disampaikan ke KPU pada 8 Agustus 2018. KPU lantas menindaklanjutinya dan melakukan verifikasi. Adapun hasilnya, yang terbukti ganda hanya 1.212. KPU mencoret 1.212 pemilih ganda dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).‎ 

Kemudian, pada 20 Agustus, KPU menetapkan DPT sebanyak 458.639.

"Terakhir dari temuan Bawaslu pusat terdapat sebanyak 1.593 pemilih ganda," ujarnya, Rabu (12/9/2018).

Adapun data temuan tersebut telah diteruskan ke KPU. Sebelumnya, imbuhnya, Bawaslu Kampar telah melakukan verifikasi faktual terhadap temuan Bawaslu RI tersebut. Hasilnya, ternyata benar ada pemilih ganda.

"Terbanyak di Siak Hulu dan Kampar Kiri. Di Siak Hulu 500-an dan Kampar Kiri 500-an. Di Kampar Kiri itu ada 15 sampai 17 desa," bebernya.

Ditegaskannya, Bawaslu sudah menggelar rapat koordinasi dengan KPU Kampar. Kini, sambungnya, KPU sedang memverifikasi, sementara hasilnya sedang ditunggu.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)