Jabatan Sekda Kepulauan Meranti Segera Dilelang

Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) MERANTI - Lelang jabatan sekretaris daerah segera dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal itu karena Meranti saat ini hanya memiliki Plh Sekda, Bambang Suprianto, yang menggantikan Yulian Norwis pasca mutasi tanggal 7 Januari 2020 silam. Tak hanya ditunjuk menjadi Plh Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto pun masih menjalankan tugasnya sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD).

Adapun jabatan Plh Sekda Kepulauan Meranti tidaklah lama diemban Bambang, hanya sekitar 2 minggu setelah dirinya ditunjuk untuk menggantikan Yulian Norwis oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, tanggal 7 Januari 2020. Menurut Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, Bambang Suprianto menjadi Sekda hanya sekitar 14 hari. Kemudian, nantinya akan ada penunjukan sekda, pejabat eselon II B oleh pemerintah Provinsi Riau.

"Setelah itu, kami lelang jabatan Sekda, terbuka untuk umum," ucapnya.

Ia pun kembali menawarkan Yulian Norwis jika masih berminat menjadi Sekda agar mengikuti asesmen yang direncanakan pada Maret 2020. Di samping itu, Irwan pun mempersilakan bagi pejabat lain yang berminat agar mengikuti asesmen posisi Sekda.

"Kepada Pak Yulian Norwis, kalau berminat, masih bisa ikut. Masih ada waktu sekitar dua bulan dari sekarang," sebutnya.

Sebelumnya, H Yulian Norwis menjabat Sekda Kepulauan Meranti dan dimutasi ke jabatan baru, Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda. Adapun alasan mutasi lantaran Yulian Norwis bakal ikut dalam Pilkada Kepulauan Meranti 2020. Disampaikan Irwan, kalau tak segera diambil langkah taktis dan strategis, posisi Sekda akan terjadi kekosongan sekitar 20 bulan lamanya.

Pasalnya, terang Irwan, mengacu kepada amanat Bawaslu, kepala daerah dilarang memutasi (melantik) pejabat terhitung 6 bulan sebelum penetapan calon tetap oleh KPU. Kalaupun harus melakukan pelantikan, sambungnya, harus diketahui oleh menteri dan gubernur.

"Mutasi berikutnya baru boleh dilakukan 20 bulan ke depan. Pak Sekda Yulian Norwis akan ikut Pilkada. Kalau kami tidak mengambil langkah taktis dan strategis maka akan terjadi kekosongan posisi sekda untuk waktu yang sangat lama. Itu tentu akan mengancam roda pemerintahan," paparnya.(rzt)


BACA JUGA

Comments (3)

  • - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)