60 Personel Diturunkan Satpol PP Riau untuk Bantu PPKM Level 4 Pekanbaru

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU – Sebanyak 60 personel untuk pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pekanbaru diturunkan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau. Sebelum menjalankan tugas di lapangan, puluhan personel Satpol PP Riau ini terlebih dahulu mendapat pengarahan dari Gubernur Riau, Syamsuar.

Menurut Gubri, dalam pelaksanaan PPKM di Kota Pekanbaru ini, Satpol PP Riau sifatnya membantu Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru.

"Karena itu, saya minta kepada anggota Satpol PP Riau ini hendaknya harus bersikap humanis dan santun dalam menjalankan tugas. Saya ingin kami satu bahasa dalam penanganan Covid-19 ini. Untuk itu, kami harus memberikan edukasi yang humanis dan santun kepada masyarakat apabila ada yang melanggar Prokes," katanya.

Disampaikannya, posisi Satpol PP dalam penanganan Covid-19 ini adalah agar dapat menciptakan masyarakat yang sehat dengan protokol kesehatan (Prokes), tetapi juga diharapkan ekonomi dapat tumbuh positif.

"Pekanbaru termasuk kota yang terdampak akibat pandemi ini sehingga pertumbuhan ekonomi di Kota Pekanbaru menjadi minus, bahkan angka minusnya tertinggi di Provinsi Riau, yakni sebesar 4,3 persen," sebutnya.

Dalam pandangannya, pertumbuhan ekonomi di Kota Pekanbaru sangat dipengaruhi oleh kehadiran pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh sebab itu, imbuhnya, diharapkan UMKM tetap berjalan walaupun pada masa PPKM Level 4. Ia menerangkan, kondisi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau ini sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi di Kota Pekanbaru.

Karena itu, dirinya menginginkan dalam PPKM Level 4 ini ada sedikit kelonggaran dari PPKM darurat di Jawa-Bali sebelumnya dapat tetap memberikan peluang berusaha bagi UMKM.

"Sampaikan edukasi dengan baik. Nanti, kalau semisalnya dijumpai pedagang atau pembeli yang melanggar prokes, usahakan personel Satpol PP perempuan yang mengingatkan supaya lebih efektif, begitu pula sebaiknya," imbaunya.

Dalam bertugas di lapangan, kata dia lagi, Satpol PP Riau hendaknya menjadi contoh bagi Satpol PP di kabupaten/kota lainnya dengan mengedepankan sikap toleransi, tetapi tetap menegakkan prokes dengan baik. Lebih jauh diingatkannya agar Satpol PP Riau hendaknya memberikan edukasi kepada masyarakat dengan baik dan sekaligus juga diharapkan para UMKM dapat berjualan dengan nyaman dan aman tanpa terganggu dengan kehadiran Satpol PP Riau.

"Kami tegur baik-baik dan harus ada toleransi. Saya ingin kami bagaimana menyesuaikan dengan kondisi saat ini, tapi bukan berarti kami melanggar instruksi dari pusat," tutupnya.

Menurut Kepala Satpol PP Riau, Hadi Penandio, melalui Kasi Trantibun dan Tranmas, Ekadinata, dalam pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru ini pihaknya menurunkan 60 personel Satpol PP Riau.

"Kami menurunkan 60 personel Satpol PP untuk pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru. Kami harap, personel Satpol PP saat bertugas melakukan penegakan protokol kesehatan dalam masa PPKM Level 4 di Pekanbaru," ucapnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)