DPRD Pekanbaru Minta Pengelola Pasar Sukaramai Transaparan soal Sewa Kios

Logo
Pasar Sukaramai Pekanbaru.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Persoalan mengenai sewa kios hingga saat ini masih menjadi pemicu konflik antara pedagang dengan pengelola Pasar Sukaramai Sudirman Pekanbaru, yakni PT MPP. DPRD Pekanbaru pun menegaskan terus mencari benang merah akan persoalan tersebut.

Terbaru, pada Rabu (26/9/2018) lalu, puluhan pedagang mengadu ke DPRD Pekanbaru. Menurut Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE, karena seringnya pengelola bermasalah dengan pedagang, itu berindikasi ada yang tidak beres dalam pengelolaan selama ini. Karena itu, DPRD meminta pengelola transparan sehingga masalah itu bisa selesai.

"Kalau masalahnya satu dua kali, kami maklum. Tapi dari dulu sampai sekarang, masalah Pasar Sukaramai ini tidak pernah selesai. Padahal, pasar yang lainnya tidak bermasalah. Tentu ini harus menjadi perhatian serius Pemko Pekanbaru. Ya, dievaluasi lah," katanya, Jumat (28/9/2018).

Persoalan sewa kios Pasar Sukaramai itu memang tidak hanya terjadi sekarang karena sebelum terbakar pun masalah sewa kios masih menjadi pemicu perdebatan. Namun, bedanya, saat ini sebagian pedagang merasa masih punya hak karena kontrak awalnya menghuni kios di gedung Pasar Sukaramai, sebelum terbakar, jatuh tempo pada 2026.

Di sisi lain, kebijakan pengelola PT MPP, usai terbakar, manajemen membuat kontrak baru kepada semua pedagang, dengan harus membayar sejumlah uang. Terlebih, kontrak baru ini sudah disepakati bersama Pemko Pekanbaru.

"Kami tidak ingin masalah ini saja terus diurus. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir, pedagang sudah beberapa kali pula mengadunya ke DPRD. Sampai kapan selesai, sementara tidak ada kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak. Masih banyak urusan masyarakat lain, yang akan kami selesaikan," jelasnya.

Oleh sebab itu, DPRD meminta agar ke depan tidak ada lagi masalah sewa menyewa ini dan sesuaikan dengan aturan yang ada. Terlebih, PT MPP berjanji akan mengoperasikan pasar tersebut tahun ini. Jangan sampai masalah ini, menghalangi operasional Pasar Sukaramai.

"Tanganilah secara komprehensif. PT MPP juga kami harapkan transparan," imbaunya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)