21 Hektar Lahan di Teluk Meranti Hangus Terbakar sejak Tiga Hari Terakhir

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PANGKALAN KERINCI - Dalam kurun waktu tiga hari belakangan, Kebakaran Hutan dan Laham (Karhutla) masih terjadi di Kabupaten Pelalawan, yang terdeteksi di Kelurahan Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti. Adapun api melalap lahan masyarakat yang berada di kanal Koperasi Tandan Harapan Kelurahan Teluk Meranti.

Seluas 21 hektar lahan hangus terbakar selama tiga hari sejak api terdeteksi sejak Jumat (28/9/2018) lalu. Upaya pemadaman dan pendinginan masih berlangsung hingga Minggu (30/9/2018).

"Kalau titik api baru tak ada lagi. Sekarang kami melakukan pendinginan di lokasi bekas terbakar. Karena masih mengeluarkan asap," kata Kapolsek Teluk Meranti, Iptu Edy Harianto, Minggu (30/9/2018).

Adapun api cukup sulit dipadamkan karena lahan gambut yang cukup dalam. Akibatnya, api hilang timbul karena tidak padam hingga di akar yang ada di dalam tanah. Personel tim gabungan terpaksa merendam seluruh areal terbakar yang terjangkau untuk memastikan tidak ada lagi bara api yang masih hidup.

Sebab, bara api yang ditinggalkan sebelumnya kembali terbakar dan terpaksa dipadamkan lagi.

"Memang di sini gambutnya masih dalam. Tingkat kesulitannya lebih tinggi lagi," tuntasnya.

Personel dari tim gabungan sejauh ini masih berupaya melakukan pendinginan, antara lain, BPBD Satpol PP dan Damkar, Polres Pelalawan, Polsek Teluk Meranti, TNI, Regdam Disbun, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta regdam dari perusahaan.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)