Kota Dumai Diselimuti Kabut Asap, BPBD Dumai: Disebabkan Angin Barat

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) DUMAI - Rabu (29/8/2018), Kota Dumai terselimuti kabut asap. Adapun pada hari sebelumnya, kondisi seperti itu belum terjadi. Sebab, kemarin, Selasa (28/8/2018), langit Dumai terpantau cukup cerah.

Menurut Sekretaris BPBD Dumai, Muhammad Rasyid Ridho, kabut asap muncul karena angin dari lokasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) mengarah ke kawasan Kota Dumai. Angin membawa kabut asap dari lahan yang terbakar di perbatasan Dumai- Rokan Hilir.

Adapun pihak BPBD Dumai menyebut asap terpantau di kawasan perbatasan antardaerah tersebut. Kata dia, pada Rabu ini angin barat mengarah ke Kota Dumai.

"Kalau ada angin barat maka kabut asap mengarah ke Kota Dumai. Saat ini terpantau asap di kawasan perbatasan Dumai-Rohil," katanya.

Saat ini, sambungnya, sulit memprediksi arah angin karena kondisi arahnya yang sering berubah. Karena itu, arah angin tidak dapat dipastikan.

"Kalau arah angin ke barat maka Kota Dumai bisa kembali diselimuti asap," jelasnya.

Diterangkannya, tim gabungan masih melakukan upaya pendinginan lahan yang terbakar di Jalan Sunkis, Kelurahan Lubuk Gaung. Diketahui, upaya pendinginan untuk mencegah api meluas ke Kelurahan Tanjung Penyebal. Posisi lahan berada di perbatasan dua kelurahan tersebut.

"Tim saat ini masih di lapangan. Mereka juga lakukan pendinginan di lahan terbakar Bangsal Aceh," tuntasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)