Harga Daging Ayam Ras di Pekanbaru Naik saat Harga Telur Terus Turun

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Sejak pekan keempat Agustus, harga telur ayam di Pekanbaru terus mengalami penurunan meski tidak signifikan. Dari data Dinas Perindustrian dan Perdagangan diketahui, pekan lalu harga telur ayam ras masih tercatat di kisaran harga Rp1.500 per butir.

Sementara, pada Selasa (28/8/2018), terjadi penurunan sebesar Rp100 sehingga menjadi Rp1.400 per butir. Di samping harga telur ayam ras, penurunan paling signifikan terjadi pada harga telur ayam kampung, yang sebelumnya Rp2.500 pekan lalu kini menjadi Rp2.000.

Demikian halnya dengan telur itik yang ikut mengalami penurunan dari harga Rp3.000 menjadi Rp2.500 per butirnya. Namun, sebaliknya, harga daging ayam di Pekanbaru justru mengalami kenaikan, utamanya harga daging ayam ras, yang awalnya Rp25 ribu per kilogram, saat ini menjadi Rp28 ribu per kilogram.

Di sisi lain, daging ayam kampung masih normal, yakni pada kisaran Rp55 ribu per kilogramnya.

"Rata-rata harga kebutuhan pokok memang mengalami penurunan, kecuali untuk harga ayam ras memang trennya mengalami kenaikan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Disperindag Kota Pekanbaru, Juarman, Selasa (28/8/2018).

"Untuk harga telur memang sempat terpantau mengalami kenaikan Sabtu lalu, tapi memasuki awal pekan ini trennya justru kembali turun," paparnya.

Menurutnya, darii hasil pantauan pihaknya di sejumlah pasar tradisional di Pekanbaru, ada perbedaan harga antara satu pasar dengan pasar yang lain. Karena itu, masyarakat pun dituntut untuk lebih cerdas dalam berbelanja.

"Antara satu pasar dengan pasar lain itu ada terjadi disparitas harga dalam satu komoditi meskipun tidak banyak. Masyarakat memang harus pandai-pandai memilih pasar yang harganya cenderung lebih murah," jelasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)