Bertemu Negara-negara Anggota OKI, Tiga Isu Ini yang Akan Dibawa Indonesia

Logo
Pertemuan Menlu OKI di Pantai Gading. (DOK. KEMENLU)

(RIAUHITS.COM) JAKARTA - Untuk mendongkrak ekspor dan investasi di Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia akan memanfaatkan sidang tahunan Islamic Chamber of Commerce, Industry, and Agriculture (ICCIA). Soal perbankan syariah, infrastruktur, dan pariwisata adalah tiga hal yang akan hal yang akan diangkat Indonesia dalam forum tersebut.

"Di sesi akhir sidang ada sesi bussiness to bussiness meeting dengan anggota negara OKI. Akan didahului presentasi tiga projek pokok kami itu," kata Ketua Komite Tetap Timur Tengah Kadin Indonesia Mohammad Bawazeer di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (14/8/3018).

Ketiga hal itu, menurutnya, selalu dibahas dan ditawarkan Indonesia setiap kali kepala negara Timur Tengah berkunjung ke Indonesia. Ada beberapa nota kesepahaman bahkan terkait investasi yang sudah diteken antara kedua negara, tetapi belum terealisasi hingga kini.

"Di sidang dengan negara OKI ini akan menggugah kembali masing-masing negara supaya ada realisasi pada proyek investasi," jelasnya.

Adapun Kadin ingin memastikan bahwa proyek yang ditawarkan itu tak terbentur hal-hal seperti perizinan. Oleh sebab itu, sejak awal Kadin telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Otoritas Jasa Keuangan mengenai partnership syariah. Sementara, pada 2017, angka ekspor Indonesia ke negara-negara Timur Tengah hanya berkisar 5 persen.

Diketahui, angka itu cenderung kecil jika dibandingkan ekspor dari Malaysia ke negara tersebut. Lebih jauh, dia berharap dengan acara ICCIA dapat mendorong ekspor dan investasi di Indonesia.

"Kami harap ini memacu tidak hanya ekspor, tapi juga daya saing ekspor di internasional," tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, tema besar dalam sidang tahunan ICCIA ini adalah "Inklusi Ekonomi Syariah : Sebuah Paradigma Baru". Subtema yang akan dibahas dalam rangkaian acara tersebut adalah Peran ICCIA dalam Pembangunan Ekonomi Halal, Ekonomi Pemberdayaan Pebisnis Perempuan, hingga Kesempatan Berinvestasi di Negara-negara OKI. Acara itu  akan digelar di Jakarta pada tanggal 22-23 Oktober 2018. (rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)