RSUD Rohul Kekurangan SDM dan Stok Obat setelah Alih Fungsikan Ruang Bedah untuk Pasien Covid

Logo
RSUD Rokan Hulu.

(RIAUHITS.COM) PASIR PENGARAIAN – Ruang Rawatan Bedah dialihfungsikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menjadi Ruang Rawatan Pasien Covid-19. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang terus bertambah setiap harinya. Menurut Direktur RSUD Rohul dr. Novil Raykel, jumlah pasien Covid-19 yang dirujuk ke RSUD Rohul terus bertambah setiap harinya.

Disampaikannya, hal itu dikhawatirkan akan mempengaruhi tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Milik Pemkab Rohul tersebut. Hingga Senin (28/6/2021), sambungnya, dari 12 Ruang Rawatan Covid yang tersedia sebelumnya, kini sudah diisi oleh 8 pasien Covid-19 atau BOR mencapai 66,6 Persen . Pengalih fungsian ruang rawatan bedah menjadi ruang rawatan Covid-19 ini juga menambah daya tampung pasien Covid-19 di RSUD Rohul menjadi 22 tempat tidur sehingga tingkat BOR RSUD Rohul bisa ditekan dari 66,6 persen menjadi 36,3 Persen.  

Namun, kata dia lagi, penambahan tempat tidur rawatan bagi pasien Covid-19 di RSUD Rohul ini menimbulkan sejumlah konsekuensi, terutama terbatasnya tenaga kesehatan, khususnya perawat. Terlebih lagi, 5 perawat RSUD Rohul tidak dapat bertugas lantaran terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri.

"Keterbatasan SDM ini tentunya akan menganggu pelayanan lainya di RSUD karena tenaga kesehatan Khusus Covid 19 ini tidak bisa berpindah ke Ruang Rawatan lainnya," katanya.

Di samping persoalan SDM, khususnya perawat, RSUD Rohul pun mengalami kendala menipisnya persediaan baju Hazmat bagi tenaga kesehatan yang bertugas merawat pasien Covid-19 dan juga obat bagi pasien.

"Untuk obat, stoknya sudah menipis, begitu juga hazmat bagi tenaga kesehatan yang bertugas di ruang perawatan Covid hanya mencukupi untuk satu minggu ini. Kami sudah sampaikan kondisi tersebut ke Dinas Kesehatan dan berharap segera ditindaklanjuti," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)