Realisasi Baru 37 Persen, Tiga Daerah Ini Terendah di Riau Terkait Partisipasi Vaksin MR

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Realisasi Imunisasi Measles Rubella (MR) di Riau baru 37,7 persen dengan tiga daerah dengan realisasi terendah, yakni Dumai, Pekanbaru, dan Siak. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

"Realisasi masih di angka 37, 7 persen yang terendah itu di Dumai, Pekanbaru, dan Siak," katanya, Selasa (23/10/2018) lalu.

Ada tiga daerah kabupaten/kota, imbuhnnya, yang menjadi fokus dalam realisasi imunisasi MR karena masih rendah serapannya hingga saat ini. 

"Dumai paling rendah, kemudian Pekanbaru dan Siak, tapi menjadi fokus kami dan semua pihak sudah maksimal di daerah tersebut," ucapnya.

Untuk tiga daerah dengan realisasi tertinggi, terangnya, yakni Kuansing, Inhu, dan Rokan Hilir. Kata dia lagi, ketiga daerah itu memang belum mencapai 70 persen, tetapi sudah di atas 60 persen semuanya. 

"Tapi masih bisa kami maksimalkan daerah lain, bagaimana agar capaiannya bisa dikejar," ungkapnya.

Ditanyakan, apakah akan dibuka lagi tahap ketiga imunisasi MR tersebut, dia menerangkan bahwa semuanya tergantung dari Kementerian Kesehatan dan bisa saja diperpanjang lagi. Pasalnya, sebagaimana diketahui, imunisasi itu sudah dibuka dua tahap awalnya pada Agustus dan September dan diperpanjang hingga 31 Oktober 2018.

"Kami tunggu arahan dari pusat terkait perpanjangan karena semuanya tergantung pemerintah pusat," tegasnya.

Meski begitu, sambungnya, yang jelas, imunisasi MR itu akan menjadi rutinitas di Puskesmas. Jika selama ini hanya campak, ke depannya juga akan ada rubella secara rutin di Puskesmas. 

"Nanti jadi rutinitas di Puskesmas, setiap bayi bisa dapat imunisasi di Puskesmas," tuntasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)