Polres Rohul Sekat Sejumlah Jalan Seiring Pemberlakuan PPKM Level 4

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PASIR PENGARAIAN - Kepolisian Resor Rokan Hulu mulai Rabu (11/8/2021) sudah melakukan penyekatan di sejumlah ruas jalan di Ibukota Rohul, Pasir Pengaraian, seiring dengan telah diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Penyekatan ini dilakukan untuk membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 serta tingginya warga Rohul yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Menurut Kasatlantas Polres Rohul, AKP Bagus Harry Priyambodo, ruas jalan yang dilakukan penyekatan masing-masing Jalan Tuanku Tambusai, tepatnya depan masjid Agung Islamic Center Rohul dan persimpangan Jalan Lingkar. Penyekatan jalan ini menyebabkan arus lalu lintas di pusat kota sepi. Warga yang hendak melintas terpaksa putar arah atau mencari jalur alternatif lain.

Disampaikannya, dalam penyekatan ini, petugas fokus melakukan pemeriksaan kendaraan asal luar daerah yang masuk ke ibu kota Rohul. Adapun setiap kendaraan non BM disetop dan diminta menunjukan kartu sudah divaksin atau hasil rapid antigen negatif. Bagi warga luar daerah yang tidak dapat menunjukannya, petugas akan langsung memutar balik kendaraan itu untuk kembali ke daerah asal.

"Tercatat sementara, sudah ada 40 kendaraan roda 4 dan 75 kendaraan roda 2 serta 4 truk sudah diputar balik karena tidak dapat menunjukan surat sudah divaksin atau menunjukan hasil rapid antigen dengan hasil negatif," ucapnya.

Dikatakan Kapolres Rohul, AKBP Wimpiyanto Hardjito SIK, penyekatan kendaraan akan terus dilakukan selama pemberlakukan PPKM Level 4. Dalam waktu dekat, Kepolisian bersama Pemerintah Daerah akan mendirikan Posko Penyekatan di 6 titik perbatasan Rokan Hulu dengan provinsi dan kabupaten tetangga. Ke-6 posko penyekatan yang akan didirikan masing-masing Perbatasan Kecamatan Rokan IV Koto dengan Pasaman Provinsi Sumatera Barat, perbatasan Kecamatan Tambusai dengan Padang Lawas (Sumut), Kecamatan Tambusai Utara dengan Rohil dan Padang Lawas Utara (Sumut).

Lalu di Kecamatan Bonai Darussalam dengan Kabupaten Bengkalis, Simpang TB jalur alternatif Rohul-Pekanbaru dan Kampar, serta Kecamatan Kabun dengan Kabupaten Kampar.

"Penyekatan dilakukan di jalur lintas antar kabupaten antar provinsi. untuk antar kecamatan masih bisa melakukan aktifitas," ujarnya.

Dalam perkiraannya, ada 200 personel gabungan yang terlibat terdiri dari Kepolisian, Kodim, Satpol PP, Dishub, dan petugas kesehatan dalam penyekatan ini.

"Satu titik ada 60 personel, setiap titik dibagi 2 shift, di mana setiap shift akan ada 30 petugas yang berada di posko penyekatan," jelas mantan kapolres Kepulauan Meranti ini.

"Fokus penyekatan adalah adalah orang dari daerah lain yang keluar masuk ke Rohul, apabila tidak penuhi persyaratan akan diputar balik," paparnya.

Di sisi lain, ia pun mengharapkan dukungan masyarakat mensukseskan upaya pemerintah dalam rangka menurunkan kasus Covid-19 di Rohul ini.

"Intinya, pemerintah hadir dalam membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi. Kami paham, tidak seluruhnya masyarakat yang mendukung, tetapi kami minta elemen masyarakat bersatu, bahu-membahu menyelamatkan nyawa manusia yang saat ini angkanya tinggi," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)