Penyakit Kulit dan Demam Jadi Keluhan Terbanyak Puluhan Korban Banjir Pelalawan

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Warga yang terdampak banjir di Pelalawan mulai terkena penyakit kulit. Dinas Kesehatan Pelalawan mencatat, 20 orang mengalami sakit kulit di tenda pengungsian.

"Warga yang terdampak langsung itu dominan sakit kulit. Ada 20 orang," ucap Kadis Kesehatan Pelalawan, dr Endid Romo Pratiknyo.

Tak hanya itu, 16 warga diketahui juga menderita demam dan jumlah yang sama pula pada penderita batuk, sedangkan penderita influenza 16 orang. Dinas Kesehatan sudah membangun posko kesehatan, terutama daerah yang tingkat banjirnya cukup parah. Di Kecamatan Pangkalan Kerinci, ada empat posko yang sudah didirikan.

Adapun di Langgam didirikan dua posko, di Bunut ada lima posko, dan di Kecamatan Ukui ada dua posko. Sementara itu, di Kecamatan Pelalawan ada empat posko, Pangkalan Kuras sebanyak satu posko, dan Teluk Meranti dan Kerumutan juga satu posko. Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Pelalawan On Call 24 jam untuk pengungsi banjir di Pelalawan dan selalu mengunjungi pengungsi banjir yang ada di tenda pengungsian.

Meski tidak membuat posko di tenda pengusian, petugas kesehatan selalu siap untuk ditelepon. Beberapa tenda pengungsi saat ini berdiri di Pelalawan. Terutama di Kecamatan Pangkalan Kerinci. Menurut dr Endid Romo Pratiknyo, petugas kesehatan selalu mengunjungi tenda pengungsi. Jam berkunjung, yakni mulai pagi hingga pukul 14.00 wib.

"Petugas kami terjadwal mengunjungi posko banjir," katanya.

Tak hanya hanya mengunjungi, petugas pun memeriksa serta mengobati warga yang mengeluh soal kesehatan. Kata dia lagi, petugas kesehatan memang tidak 24 jam berada disamping para pengungsi, tetapi ia memastikan petugas kesehatan bisa ditelepon 24 jam.

"Kalau sudah lewat visit (kunjungan), petugas kami 24 on call. Kalau ada keluhan, petugas kami bisa langsung turun," tuturnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)