Ketua DPRD Rohul Ingatkan Jangan Euforia meski Ekonomi Tumbuh 1,5 Persen

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PASIR PENGARAIAN - Pada masa pandemi Covid-19, ekonomi Kabupaten Rokan Hulu tumbuh positif di angka 1,5 Persen. Jika dibandingkan dengan kabupaten/kota Lain di Riau, pertumbuhan ekonomi Rohul cukup baik, mengingat mayoritas kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau mengalami tren negatif.

Adapun pertumbuhan ekonomi Rohul yang menunjukkan trend positif pada masa Pandemi Covid-19 ini diapresiasi Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra ST. M.Si. Namun, ia meminta Pemkab Rohul tidak euforia melihat trend positif pertumbuhan ekonomi ini. Dalam pandangannya, ekonomi Rohul yang tumbuh positif pada masa pandemi ini ditopang hasil perkebunan dan pertanian masyarakat Rokan Hulu.

Ia menyebut, tingginya harga kelapa sawit membuat ekonomi masyarakat di Rohul yang mayoritas hidup dari hasil perkebunan kelapa sawit dapat tumbuh dan tidak terdampak pandemi Covid-19.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih disebabkan karena harga komoditas sawit yang naik di masa pandemi ini. Artinya, pertumbuhan ekonomi ini yang baik ini jangan buat kami puas. Harus ada gebrakan lebih yang dilakukan sehingga ekonomi Rohul ini terus bertumbuh," katanya.

Disampaikannya, pemerintah harus mampu menjaga ritme dengan terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus produktif dengan program-program yang bisa menstimulasi mereka. Memaksimalkan Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perkebunan pun harus dimaksimalkan, mengingat Pandemi Covid-19 justru berpengaruh terhadap kondisi keuangan pemerintah daerah.

"Yang tak kalah penting, tetap edukasi warga disiplin protokol kesehatan sehingga ekonomi ini dapat tumbuh dengan risiko penyebaran Covid-19 yang rendah," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)