BI Segera Terapkan Elektrifikasi Pembayaran Parkir di Bandara hingga TMP Pekanbaru

Gedung BI Riau.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Pembayaran non tunai melalui elektronifikasi di berbagai lini terus digalakkan oleh Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau. BI sendiri diketahui saat ini sedang bekerja sama dengan Angkasa Pura guna mewujudkan elektronifikasi parkir di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"BI akan menciptakan cashless society tak hanya di lingkungan bandara. Di masa yang akan datang, berbagai lini seperti parkir mal dan pembayaran transportasi bus kota atau transmetro Pekanbaru juga akan dielektronifikasi," kata Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riu Asral Mashuri, Selasa (14/1/2020).

Setelah bandara SSK II ini sudah lancar, sambungnya, pihaknya bakal melanjutkan elektronifikasi parkir di mal-mal yang ada di Kota Bertuah.

"Seperti SKA, Living World, Transmart, dan lain-lain. Selain itu, kami punya TMP juga sekarang masih tunai, nanti akan kami upayakan ke depan masyarakat yang menggunakan TMP bisa melakukan pembayaran non tunai," jelasnya.

Disampaikannya, elektronifikasi ini adalah langkah untuk mengubah metode pembayaran dari tunai ke non tunai. Melalui elektronifikasi ini, sambungnya, akan membantu mengurangi peredaran uang pecahan kecil. Pasalnya, dalam pandangannya, biaya untuk mencetak uang mulai dari perencanaan, pengadaan bahan, pencetakan, distribusi hingga pengolahan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Di samping itu, ia pun membeberkan bahwa elektronifikasi dilakukan di tiga sektor. Pertama, pemerintah daerah dengan melakukan berbagai transaksi keuangan melalui rekening seperti pembayaran gaji. Kedua, elektronisasi dalam bantuan sosial, yang saat ini dilakukan secara non tunai.

"Ada Program Keluarga Harapan (PKH), masyarakat memperoleh bantuan pendidikan dan kesehatan dengan menggunakan kartu. Penerima manfaat diberikan kartu seperti kartu pintar, kartu kesehatan dan kartu-kartu lainnya," paparnya.

Adapun elektronifikasi yang ketiga ada di sektor transportasi. Misalnya yang akan diterapkan di parkir di Bandara SSK II.

"Kalau ini sudah lancar, nanti di mal-mal dan TMP kami lakukan," tutupnya.(rzt)


BACA JUGA

Comments (3)

  • - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)