APP Sinar Mas Tanam 10 Ribu Bibit Pohon

Logo

RIAUHITS.COM (SIAK) - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas (APP) kembali menanam 10.000 bibit pohon dengan berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia, International Tropical Timber Organization (ITTO), Belantara Foundation, perwakilan bisnis dari Jepang dan Indonesia dan masyarakat lokal .

Penanaman bibit pohon di lahan seluas 20 hektar di kawasan Giam Siak Kecil, Riau dengan bibit pohon lokal yakni jelutong dan berbagai pohon buah-buahan lokal dalam rangka 6th Year Anniversary 10.000 Tree Planting Initiatives,di Dusun Segintil Kampung Teluk Rimba Kecamatan Koto Gasib, Siak Selasa (3/9/2019) .

Penanaman pohon ini tahunan yang telah berjalan untuk keenam kalinya ini merupakan salah satu wujud komitmen APP Sinar Mas untuk mendukung perlindungan dan restorasi hutan di Indonesia

Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Elim Sritaba mengatakan  APP Sinar Mas kembali melakukan penanaman pohon di atas area 20 hektar dengan berbagai jenis tanaman termasuk bibit buah- buahan.

Kegiatan ini bersama dengan komunitas Jepang, stakeholder dan pecinta alam

“Restorasi dan konservasi hutan di Indonesia adalah bagian dari komitmen kami yang tertuang dalam Kebijakan Konservasi Hutan (FCP) kami. Dengan berkolaborasi bersama berbagai mitra, baik dari dalam maupun luar negeri seperti lewat kegiatan penanaman pohon hari ini, kita dapat berkontribusi secara nyata terhadap aksi iklim, salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang dicanangkan oleh PBB," jelasnya.

Tahun ini, penanaman pohon dilakukan di area konservasi terdegradasi seluas 20 hektar milik mitra pemasok APP Sinar Mas, PT Arara Abadi, yang berlokasi di Giam Siak Kecil. Penanaman spesies tanaman lokal akan membantu rehabilitasi kawasan tersebut, yang juga dikenal sebagai tempat tinggal harimau dan gajah Sumatra.

Direktur Eksekutif Great Forest Wall Project Makoto Nikkawa menyampaikan antusianya dengan adanya program kerjasama restorasi hutan ini dan optimis kegiatan ini berlanjur terus.

Dikatakanya insiatif penanaman pohon ini memainkan sejumlah peran penting. Merehabilitasi dan melindungi hutan membantu perekonomian masyarakat setempat karena dapat menjaga dan menambah mata pencaharian mereka." Kegiatan seperti ini juga akan memiliki dampak positif secara global, yaitu membantu memerangi perubahan iklim dan merawat hubungan harmonis antara manusia dan lingkungannya,"ungkapnya.

Penanaman bibit pohon ini sejalan dengan rekomendasi ahli ekologi tanaman dari Yokohama National University di Jepang, Professor Akira Miyawaki. Pada kunjungannya ke area konservasi perusahaan tahun 2014 lalu, Miyawaki merekomendasikan penanaman spesies tumbuhan endemik demi mempercepat pemulihan hutan yang rusak. Sejak itu, 42.000 pohon dari berbagai spesies lokal telah ditanam di 87 hektar area konservasi. (wk)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)