Wapres Belum Pastikan Ibadah Haji Dihentikan atau Tidak akibat Merebaknya Virus Corona

Logo
Wakil Presiden Maruf Amin.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Kepastian terkait jemaah haji Indonesia dapat diberangkatkan atau tidak ke tanah suci tahun ini belum bisa diberikan oleh pemerintah RI. Itu karena Pemerintah Arab Saudi telah menghentikan ibadah umrah untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

"Belum tahu," ucap Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin, Jumat (6/2/2020), di UIN Suska Riau.

Ia menegaskan, yang jelas, sejauh ini persiapan penyelenggaraan ibadah haji Indonesia masih berjalan normal.

"Ibadah haji persiapan masih normal, tapi kami akan lihat pada saatnya. Kalau memang menjadi bahaya dan tidak aman (bagi jemaah), tentu keputusannya akan lain. Tapi sampai saat ini belum ada perubahan (persiapan penyelenggaraan ibadah haji)," sebutnya.

Adapun untuk ibadah umrah, imbuhnya, pemerintah menginginkan umrah dapat dilaksanakan. Namun, pemerintah Arab Saudi punya kebijakan lain.

"Sebenarkan kami ingin umrah itu tetap bisa, tapi mereka (Arab Saudi) punya pertimbangan untuk menyelamatkan jemaah karena sudah ada yang terjangkit Corona," jelasnya.

"Yang saya dengar, tidak hanya umrah luar negeri, dari lokal sendiri (Arab Saudi) juga (ditiadakan) karena untuk menghindari penularan. Saya kira kami bisa maklumilah ketika samakin lama Corona semakin berkembang," tuntasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)