Wafat pada Usia 80 Tahun, Inilah Riwayat Hidup Mantan Sekjen PBB Kofi Annan

Logo
Kofi Annan.

(RIAUHITS.COM) JAKARTA - Tepat hari ini, Sabtu (18/8/2018), dalam usia 80 tahun, mantan Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan meninggal dunia. Diplomat kawakan asal Ghana itu meninggal lantaran penyakit yang dideritanya. 

Adapun berita kematian peraih Kofi Annan muncul di akun Twitter badan PBB untuk isu imigran, IOM, dan kemudian tweet keluarga di akun Twitter almarhum.

"Hari ini kami berduka kehilangan seorang pria hebat, seorang pemimpin, dan seorang visioner: mantan @Sekretaris Jenderal PBB @KofiAnnan," demikian tweet IOM.

Keluarga Annan sendiri telah membenarkan kabar kematian itu dan mereka menyebut bahwa diplomat asal Ghana itu wafat dalam damai setelah menderita penyakit beberapa saat. Diketahui, Sekretaris Jenderal ke-7 periode 1997-2006 itu meninggal di Bern, Swiss.

"Ini kesedihan besar bahwa keluarga Annan dan Kofi Annan Foudnation mengabarkan Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal PBB dan peraih Nobel Perdamaian, meninggal dalam damai pada hari Sabtu 18 Agustus setelah menderita penyakit," akun Twitter Annan menulis.

Diketahui, Kofi Annan lahir di Kumasi, Ghana pada 8 April 1938. Staf UN yang menapaki kariernya hingga menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB itu kemudian mendirikan yayasan, Kofi Annan Foundation, usai tak lagi menjabat. Selain itu, dia memimpin organisasi organissi yang didirikan Nelson Mandela, pemimpin anti apartheid Afrika Selatan, The Elders.

Kofi Annan menjadi figur pemimpin di organisasi-organisasi yang bertujuan membangun Afrika termasuk memimpin Africa Progres Panel dan Alliance for a Green Revolution in Africa atau AGRA sebelum memasuki karier di PBB.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)