Sertifikat RBRA dari Kementerian PPPA Hanya Diraih oleh 1 RTH di Pekanbaru

Logo

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Sertifikat ruang bermain ramah anak (RBRA) untuk RTH Putri Kaca Mayang Kota Pekanbaru diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Adapun proses pemberian sertifikat RBRA ini telah melalui Surveillance Audit (SVA) pada tahun 2019.

“Alhamdulilah penghargaan dari kementrian sudah kita terima langsung. Kemarin, kami bersama Plt Kepala DLHK Pekanbaru mewakili Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, menerima penghargaan tersebut di Jakarta,” ucap Kepala Dinas PPPA Kota Pekanbaru, Chairani, Kamis (14/10/2021).

Disampaikannya, Kementerian PPPA mendorong setiap daerah memiliki RBRA untuk memenuhi hak anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Nah RBRA ini sangat penting bagi anak, mengingat anak membutuhkan tempat bermain dan beraktivitas aman, nyaman, terlindungi dari kekerasan, diskriminasi. Selain itu, RBRA juga mengoptimalkan tumbuh kembang anak secara fisik, psikis, intelektual, moral, dan pengembangan bahasa mereka,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari sembilan ruang terbuka yang ada saat ini, delapan di antaranya belum dinyatakan layak anak. Kedelapan ruang terbuka itu, antara lain, RTH Tunjuk Ajar Integritas, Ruang Terbuka PCR, Ruang Terbuka Tuan Kadi, dan ruang terbuka di bawah Jembatan Siak 1.

“Selain itu ada ruang terbuka kayu putih, ruang terbuka Jalan Diponegoro sebelah Dharma Wanita, Ruang Terbuka Cinta Raya di Sail, dan Ruang terbuka di Purna MQT,” jelas mantan kepala Dinas Sosial ini.

Pihaknya bersama dinas terkait, yakni DLHK Kota Pekanbaru akan terus berbenah agar seluruh ruang terbuka hijau di Pekanbaru bisa menerima sertifikasi dari Kementerian PPPA.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)