Saat Ini, Urus Administrasi Kependudukan di Meranti Bisa Lewat WA

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) MERANTI - Inovasi terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti. Saat ini, untuk urusan administrasi kependudukan, sudah dapat melalui online lewat aplikasi WhatsApp (WA). Menurut Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Meranti, Ramdan SPd, didampingi Kasi Inovasi, Rio Hilmi, sejatinya layanan online bertema Dukcapil Go Digital ini telah diinisiasi sejak 2019.

Pada tahun tahun ini, dinas langsung menyesuaikan dengan kebiasaan baru (new normal) dengan menerapkan Dukcapil Digital, bukan lagi Go Digital.

"Di masa pandemi, layanan online merupakan sebuah solusi. 2020 telah diterapkan, dimulai dari produk dokumen kependudukan sudah bisa cetak sendiri dari rumah," ucapnya, Kamis (5/2/2021).

Disampaikannya, layanan online sangat mempermudahkan masyarakat. Melalui layanan online, masyarakat dapat mengajukan pelayanan administrasi kependudukan dari tempat masing-masing dan tidak perlu lagi membawa persyaratan ke UPT ataupun ke dinas.

"Selain bisa memberantas calo pungli, layanan online juga bisa meminimalisir penyebaran Covid-19," jelasnya.

Bagi masyarakat yang butuh pelayanan administasi kependudukan, sambungnya, dapat menghubungi nomor (WhatsApp) 0823-6995-0905 dan 0813-7822-5222 dengan format (jenis layanan) (nama pemohon) tanggal pengajuan (dd/mm/yyyy) kecamatan.

"Contoh, KK hilang Ahmad 02/09/2020 Tebingtinggi," sebutnya.

"Untuk syarat, dikirim langsung ke WA dengan format .jpg/.pdf," bebernya.

Lebih jauh dikatakannya, guna mempercepat proses, dinas menyiapkan dua orang operator yang bertugas melayani pemohon. Di nomor WA ini, masyarakat juga dapat bertanya perihal persyaratan saja yang harus dipersiapkan.

"Pelayanan online tak berlaku untuk pembuatan e-KTP dan KIA. Yang bersangkutan harus datang saat perekaman," tutupnya.

Adapun pelayanan online ini sangat membantu warga Kepulauan Meranti. Dengan letak geografis wilayah berpulau yang dibatasi laut, sedikit menyulitkan warga menjangkau ibukota (kantoran Capil). Jika urusan tak selesai di hari yang sama, warga harus kembali ke kampung halaman atau menginap di Selatpanjang. Tentu itu akan mengeluarkan biaya tambahan.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)