Pengiriman 840 Ekor Burung tanpa Dokumen Berhasil Digagalkan BBKSDA Riau

Logo

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Penangkapan terhadap pelaku pengangkutan burung tanpa dokumen di Jalan Garuda Sakti, KM 6, Pekanbaru, dilakukan oleh Balai Besar KSDA Riau. Informasi diperoleh dari aduan masyarakat terkait akan adanya transaksi pengangkutan burung tidak dilindungi tanpa dokumen. Menurut Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Hartono, petugas BBKSDA Riau pada Senin (11/10/2021) mendapatkan barang temuan berupa 24 kotak berisi burung tanpa dilengkapi dokumen di lokasi kejadian.

Lantas, tim segera membawa pengemudi berinisial JM dan barang temuan ke kantor Balai Besar KSDA Riau. Tim melakukan pemeriksaan terhadap pelaku JM dan pelaku M (sesama supir travel yang membantunya). Burung-burung ini diidentifikasi dengan rincian burung Prenjak Jawa sebanyak 525 ekor, burung Gelatik Kelabu sebanyak 280 ekor, dan burung Cinenen Kelabu sebanyak 35 ekor.

"Total burung tanpa dokumen yang hendak dijual tersebut sebanyak 840 ekor," katanya, Kamis (14/10/2021).

Adapun satwa ini bukan satwa yang diindungi. Namun, lantaran pengangkutannya tidak disertai dokumen resmi maka wajib disita oleh negara untuk dikembalikan ke habitatnya. Pelaku JM sudah menandatangani pernyataan bahwa yang bersangkutan menyatakan tidak akan mengulangi hal serupa dan bersedia diproses sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

"Tim kemudian melakukan pelepasliaran burung-burung tersebut pada hari Selasa (12/10/2021) ke habitatnya di kawasan konservasi," jelasnya.

Ia menambahkan, penelusuran lebih lanjut akan dilakukan untuk memperdalam asal muasal satwa burung dan kepemilikannya. Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat apabila akan membawa tumbuhan dan satwa liar serta bagian bagiannya untuk keperluan komersil, cendera mata, dan penelitian harus dilengkapi dokumen, yaitu Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa-Dalam Negeri (SAT-DN) untuk tujuan Dalam Negeri dan SAT-LN untuk tujuan Luar Negeri.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)