Pengabdian Pembuatan Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca

Logo

RIAUHITS.COM, KAMPAR - Mahasiswa KKN Balek Kampung Universitas Riau menggagas pojok baca di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Pojok baca yang dinamai “Baca Ceria” tersebut di didirikan untuk meningkatkan budaya literasi dan gemar membaca di kalangan masyarakat setempat.
 

Pojok Baca tersebut diinisiasi oleh mahasiswa KKN yang tengah menjalankan program literasi sebagai salah satu alternatif pembelajaran ketika sedang dalam pandemi covid19 seperti ini, mulai dari rancangan sampai terselesaikannya ruangan pojok baca terhitung semenjak 23 Maret sampai 30 Maret 2021.
 

Ketua kelompok KKN Universitas Riau, Deni Saputra menjelaskan “Program ini sebagai bentuk dukungan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia yang rendah daripada dengan negara lain”. Mahasiswa KKN Universitas Riau mendirikan pojok baca di Kantor Desa Karya Indah. Dikarenakan banyaknya jumlah penduduk yang datang mengurus administrasi di kantor desa. Maka, Program ini nantinya juga akan membuat masyarakat tersebut bisa membaca sambil menunggu urusan mereka diselesaikan.
 

Pojok baca ini tercipta karena donasi buku dari para perangkat desa yang ikut serta menyumbangkan buku demi mensukseskan program literasi. Karena banyaknya kategori buku yang disediakan. Maka, Pojok baca ini juga ditujukan kepada seluruh masyarakat desa mulai dari anak-anak sampai orang dewasa “Program pojok baca ini mendapatkan dukungan positif dari masyarakat setempat dan anak-anak jadi lebih sering berkunjung ke pojok baca untuk membaca dan belajar bersama” ujar Deni.
 

Mahasiswa KKN balek kampung Universitas Riau itu, menambahkan pihaknya juga akan terus menambah koleksi buku pada sudut baca yang telah didirikan selama mereka KKN di Desa tersebut. Namun ini tidak menutup kemungkinan masyarakat tidak bisa menyumbang lagi setelah mahasiswa KKN selesai melaksanakan programnya di Desa Karya Indah. Buku-buku yang disediakan disesuaikan kebutuhan masyarakat, misal buku pertanian dan perternakan yang sesuai dengan kondisi geografis serta profesi mayoritas warga Desa Karya Indah. (rls)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)