Cuaca Panas Terik, Babinsa Koramil 0321- 01/Bangko Laksanakan Patroli Karhutla di Bantaian

Logo

RIAUHITS.COM, ROHIL - Dalam rangka mengantisipasi  terjadinya kebakaran lahan dan hutan wilayah  Koramil 0321-01/Bangko  bersama warga masyarakat semakin rutin melaksanakan kegiatan patroli Karhutla. 

Meskipun saat ini cuaca berubah ubah kadang panas dan mendung, namun Babinsa Koramil 01/Bangko tetap melaksanakan tugas untuk memantau situasi diwilayahnya terutama terhadap bahaya karhutla.

Dan kali ini Babinsa Koramil 0321-01/Bangko  yang dipimpin oleh Pelda Eddi Suprianto menyusuri kawasan kebun dan semak belukar yang ada di kepenghuluan Bantaian kecamatan Batu Hampar, Sabtu (14/05/2022).

Kegiatan yang dimaksudkan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maka Babinsa Koramil 0321-01/Bangko Kodim 0321/Rohil dan masyarakat patroli di titik-titik rawan Karhutla.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Wadanramil 0321-01/Bangko, Kapten Arh Simson Siregar mengatakan, bahwa pihaknya terus memantau daerah rawan karhutla bersama pihak terkait lainnya terus turun ke lapangan memastikan tidak ada kebakaran hutan dan lahan.

“ Meskipun anggota kita sedang melaksanakan puasa, namun kita tetap  melakukan patroli di kawasan yang rawan kebakaran hutan dan lahan. Pemantauan dilakukan di areal perkebunan ataupun hutan untuk memastikan tidak ada titik api. Jika ada kebakaran hutan dan lahan, kita bersama masyarakat dan karyawan perusahaan akan bergerak cepat untuk memadamkannya,” ujarnya. 

Wadanramil juga menyampaikan, selain melakukan patroli, pihaknya juga melakukan sosialisasi menghimbau masyarakat, petani dan pihak perusahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Dengan dilaksanakannnya patroli dan sosialisasi ini, ia berharap Karhutla bisa diantisipasi sehingga tidak muncul bencana kabut asap.

“Mari kita saling menjaga wilayah kita masing-masing agar tidak ada kebakaran hutan dan lahan karena bisa menimbulkan dampak akan merugikan kita semua, karena itu kewajiban kita bersama juga untuk menjaga supaya tidak terjadi Karhutla," Ujarnya.

Babinsa berharap adanya kepedulian seluruh pihak dalam mencegah karhutla dengan bersinergi melakukan tindakan pencegahan dan juga saling menjaga lingkungan. (ald)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)