BAZNAS Kuansing Buka Beasiswa SKSS, Khusus Bagi Calon Mahasiswa UNIKS

Logo

RIAUHITS.COM, KUANSING - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), yang memiliki putra-putri tamat tahun 2022 dan sudah tamat tahun 2021 tingkatan SMA/Sederajat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS). Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kuantan Singingi melalui suratnya Nomor : 117/BAZNAS-KS/III/2022. Perihal : Perekrutan Calon Mahasiswa Program Beasiswa SKSS.

Isi surat tersebut menginformasikan dan menyampaikan kepada siswa/i tamat tahun 2022 dan sudah tamat tahun 2021 tingkatan SMA/Sederajat yang belum kuliah dan berminat dapat mempersiapkan diri serta mengikuti program beasiswa dari bidang pendidikan BAZNAS Kuansing Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) dengan biaya penuh dan mendapatkan uang saku yang diselenggarakan oleh BAZNAS Kuansing dan UNIKS.

Adapun ketentuannya sebagai berikut :

Calon Penerima Beasiswa :

1. Berasal dari keluarga tidak mampu dan dalam keluarga yang bersangkutan belum ada yang berpendidikan Sarjana (DIII dan S1).

2. Calon penerima bantuan beasiswa adalah penduduk Kabupaten Kuantan Singingi yang berdomisili di Kabupaten Kuantan Singingi dibuktikan dengan Kartu Keluarga.

3. Tidak memiliki KIP dan tidak mendapat bantuan beasiswa lainnya.

4. Calon penerima beasiswa hanya untuk tamatan TP. 2020/2021 dan TP. 2021/2022 dan belum kuliah.

5. Kuota bantuan beasiswa disediakan untuk 15 orang anak Mustahik, masing-masing kecamatan 1 orang.

6. Bersedia kuliah di UNIKS.

7. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan uang pembangunan (sarana prasarana), uang semester dan uang buku sampai lulus S1 maksimal (8 semester).

Ketentuan Berkas Lamaran :

1. Surat lamaran ditujukan kepada Ketua BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi.

2. Melampirkan daftar riwayat hidup.

3. Melampirkan foto copy ijazah yang sudah dilegalisir.

4. Melampirkan foto copy rapor SLTA /Sederajat semester I s/d V satu rangkap.

5. Melampirkan foto copy KTP/Kartu Pelajar dan KK masing-masing satu lembar.

6. Melampirkan surat keterangan sehat jasmani dari Dokter Pemerintah jika sudah lulus.

7. Melampirkan pas photo terbaru latar belakang merah ukuran 3 x 4 tiga lembar.

8. Melampirkan surat keterangan berkelakuan baik dari Kepala Sekolah.

9. Melampirkan surat SKTM dari Desa/Lurah.

10. Melampirkan surat pernyataan tidak ada anggota keluarga yang berpendidikan sarjana.

Pemberitahuan Tahapan Seleksi :

1. Pendaftaran ke BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi : 09 Mei s/d 31 Mei 2022.

2. Seleksi berkas : 02 Juni s/d 04 Juni 2022.

3. Pengumuman hasil seleksi berkas : 06 Juni 2022.

4. Verifikasi faktual oleh BAZNAS : 07 Juni s/d 21 Juni 2022.

5. Seleksi akademik di Kampus UNIKS : 23 Juni 2022.

6. Pengumuman kelulusan : 30 Juni 2022.

Mewakili Ketua BAZNAS Kuansing Husni Darmawan SE. Sy., ME selaku Kepala Bagian Pengumpulan Zakat dan Gusli Yandri, SH.I selaku satuan audit BAZNAS Kuansing menyampaikan kepda Rektor UNIKS yang diwakili oleh Afrinald Rizhan, SH., MH selaku Wakil Rektor III, beasiswa SKSS ini didasari dengan Memorandum of Understanding (MoU) pihak BAZNAS Kuansing dengan pihak UNIKS dan akan menjadi program bidang pendidikan BAZNAS Kuansing secara berkelanjutan.

“Segala prosedur dan administrasi beasiswa SKSS ini, dilaksanakan oleh BAZNAS Kuansing dan nama 15 orang berhak menerima beasiswa ini, nantinya akan kita serahkan bulat-bulat kepada UNIKS sebagai calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi akademik yang dilakukan oleh UNIKS, jadi ketentuan dan penentuan 15 orang penerima beasiswa ditentukan oleh BAZNAS Kuansing,” imbuhnya.

“Dengan adanya kerjasama pihak BAZNAS Kuansing dengan pihak UNIKS akan memberikan kebaikan dan manfaat satu sama lainnya, terutama saling mendukung program bidang pendidikan untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Kuantan Singingi, sehingga tidak ada lagi, masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi yang anggota keluarganya tidak ada yang tidak sarjana lagi,” tambahnya.

Mewakili Rektor UNIKS, Afrinald Rizhan, SH., MH selaku Wakil Rektor III, sangat mengapresiasi dan mendukung program BAZNAS Kuansing ini, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada UNIKS yang menjadi kampus kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi.

“Ya, kita dukung dan apresiasi program pendidikan beasiswa SKSS BAZNAS Kuansing ini, apatah lagi UNIKS sudah terakreditasi secara nasional,” tutupnya. (MC)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)