Bantu Sesama dengan Donor Darah

Logo
Unit Transfusi Darah, datang ke Universitas Riau (UR).

RIAUHITS.COM (PEKANBARU) - Palang Merah Indonesia Kota Pekanbaru melalui  Unit Transfusi Darah, datang ke Universitas Riau (UR), Jumat (14/12/2018). Mereka lakukan pelayanan bagi mahasiswa yang ingin mendonorkan darahnya.

dr. Nur Febni Yanti yang bertugas saat itu, katakan mereka mempunyai dua tim pelayanan. Satu di gedung, satunya di lapangan menggunakan bus.

"Kita yang tim dijalan, dari Senin sampai Minggu keliling," ujarnya.

Nur katakan untuk pemilihan lokasi, mereka  bekerjasama dengan instansi dan perusahaan di swasta. "Jika mereka mengadakan event, kita biasanya disurati dan kita turun," ujarnya.

Nur katakan untuk  dikampus, mereka kerjasama dengan Korp Sukarela yang ada di setiap kampus. Seperti UR, UIN dan UIR. Lanjutnya yang paling sering mereka datang ke UR.
"Setiap seminggu sekali kami datang ke UR," ujarnya.

Nur lanjutkan, setiap harinya mereka menargetkan 30 kantong darah yang didapat. Sedangkan untuk event besar seperti yang diadakan instansi pemerintah, mereka mendapatkan sekitar 100 kantong darah.
"Pernah dapat 900 kantong untuk event di PT. RAPP," ujarnya.

Bagi yang ingin mendonor darah harus memenuhi beberapa syarat. Diantaranya berumur diatas 17 tahun dan memiliki KTP. Berbadan sehat dengan berat badan minimal 45 kg. Selain itu untuk yang belum pernah donor sama sekali, usia maksimal 60 tahun. Bagi yang pernah donor, sampai usia 65 tahun.

Setelah syarat itu dipenuhi, calon pendonor akan diminta isi formulir dan diperiksa Hb serta Tensinya. Jika memenuhi standar, maka ia diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya.

"Calon pendonor juga harus sarapan dulu dan tidur yang cukup, minimal 5 jam," ujarnya.

Setiap pendonor, bisa mendonorkan darahnya kembali dua bulan berikutnya.

Trinata Pardede-Mahasiswa Ilmu Komunikasi katakan ini pertama kali ia lakukan donor darah.  "Awalnya sih takut sakit dan lain-lainnya, tetapi setelah donor, rasanya biasanya saja," ujarnya.

Nur katakan membantu sesama tidak hanya sebatas materi, tetapi bisa dengan darah. Selain mendapatkan pahala, mendonor darah juga baik untuk kesehatan.

"Banyak orang setiap harinya membutuhkan darah. Kita yang sehat, tidak ada salahnya untuk saling berbagi," tutupnya.(eka)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)