2 Pedagang Pemilik Ruko Tewas dalam Kebakaran Pasar SP 1 Tapung Hilir, Kampar

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Pada Selasa (09/03/2021) malam terjadi kebakaran hebat terjadi di Pasar SP. 1 Desa Kijang Jaya, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar. Diketahui, sekitar 52 bangunan dan 7 kios papan hangus terbakar.

Peristiwa ini menelan 2 orang korban jiwa, yaitu Murantom Lubis (54) dan Siti Aisyah (60). Keduanya adalah pedagang di Pasar SP 1 Desa Kijang Jaya. Menurut informasi dari Polsek Tapung Hilir, sekitar pukul 21.20 WIB, saksi Sugiman sedang duduk-duduk di ruko temannya. Ketika itu, ia melihat asap keluar di antara Ruko usaha pangkas rambut milik Anto dan ruko milik Lubis.

Kemudian, saksi berusaha mengecek dari mana asal mula asap ini. Setelah dicek, ternyata di sekitar kepulan asap itu terlihat nyala api. Lantas, saksi ini berteriak meminta tolong kepada masyarakat di sekitar tempat kejadian untuk membantu memadamkan api. Sekitar pukul 21.30 WIB, Bhabinkamtibmas Bripka Eman Sulaiman menghubungi pihak Manajemen PT Sinar Mas, meminta bantuan untuk mengirimkan mobil Damkar membantu pedamanan kebakaran ini.

Sekitar 30 menit, datanglah 2 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 unit alat berat loader beserta 10 orang petugas pemadam dari PT. Sinar Mas. Mereka langsung membantu memadamkan api. Ketika itu, tampak api semakin besar lantaran tertiup angin. Selanjutnya, pada pukul 23.40 WIB datang lagi satu unit mobil Damkar Pemerintah Kabupaten Kampar, disusul 2 unit mobil damkar Pemkab Siak beserta 8 orang petugas Damkar. Seluruh unit Damkar itu langsung menyiram kawasan yang terbakar.

Menurut Kapolsek Tapung Hilir, Iptu Aprinaldi, pihaknya pun melakukan pengamanan, membantu evakuasi, dan membantu kelancaran petugas Damkar yang bekerja keras memadamkan kebakaran tersebut.

"Sebelum datang Tim Damkar ini, personel Polsek juga memobilisasi warga untuk membantu pemadaman dengan peralatan seadanya yang bisa digunakan. Selain itu, para petugas kepolisian ini juga berupaya menghubungi para pemilik Ruko yang terbakar, di mana sebagiannya tak bisa dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya," katanya.

Adapun usai dilakukan proses pemadaman secara keseluruhan dan diketahui pemilik ruko yang diduga sebagai titik awal kebakaran ini tidak bisa dihubungi, lantaran khawatir keadaannya, Kapolsek lantas mengajak pihak desa dan petugas damkar untuk melakukan pendinginan di ruko ini.

"Setelah pendinginan ini kemudian dilakukan pengecekan dan ditemukan di bagian belakang ruko tersebut 2 jenazah yang sudah hangus terbakar yang diduga mayat tersebut adalah pemilik ruko dan istrinya," sebutnya.

Mayat ini kemudian di bawa ke Puskesmas Tapung Hilir untuk dilakukan identifikasi awal. Menurut identitas yang melekat pada korban berupa kalung dan gelang haji yang masih tertinggal pada jasad korban serta ciri fisik dari bibir dan gigi korban, dikenali bahwa mayat itu merupakan pemilik dari ruko pasangan suami istri, yakni M Lubis dan Siti Aisiyah.

Kemudian, pihak keluarga membuat surat pernyataan bahwa mengenali jenazah keduanya dan keberatan untuk dilakukan outopsi dengan alasan sudah mengikhlaskan kejadian ini serta akan segera menyelenggarakan proses pemakamannya. Jenazah lalu diserahkan kepada keluarga korban untuk dibawa ke Air Tiris untuk pemakamannya.

"Api berhasil dipadamkan sekira pukul 03.00 WIB. Pasca kebakaran pihak Polsek langsung memasang police line untuk mengamankan TKP," paparnya.

Disampaikan Aprinal, peristiwa kebakaran ini menghanguskan 52 ruko ukuran 4x12 meter, 7 kios papan ukuran 2x4 meter, 1 unit mobil Mitsubishi L300 pickup warna hitam, serta 6 unit sepeda motor bebek.

"Selain itu, akibat kebakaran ini juga menelan 2 korban jiwa yang merupakan pasangan suami istri, pemilik salah satu ruko yang terbakar. Untuk penyebab kebakaran dan jumlah total kerugian, masih dalam penyelidikan dan pendataan petugas," tutupnya.(rr)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)