Terancam Putus Lagi, Jalan Dwi Marta Inhu Terus Digerus Abrasi Sungai Indragiri

Logo
Kondisi di Jalan Dwi Marta Inhu, Rabu (18/12/2019).

(RIAUHITS.COM) BATANG PERANAP - Kondisi memprihatinkan tampak pada ruas Jalan Dwi Marta yang terletak di Kelurahan Baturijal Hilir menuju ke arah Jembatan Selunak di Kecamatan Batang Peranap, Indragiri Hulu. Adapun badan jalan ini kian hari semakin tergerus oleh air Sungai Indragiri. Apabila dibiarkan, jalan yang merupakan nadi utama bagi masyarakat di Kecamatan Batang Peranap menuju ke Kecamatan Peranap tersebut akan amblas.

Diketahui, sejumlah pejabat, mulai dari gubernur Riau, bupati, dan wakil bupati Inhu pernah melewati ruas jalan ini. Pada tahun lalu, jalan ini pernah putus total dan tak bisa dilewati. Saat itu, masyarakat terpaksa menggunakan sampan kayu untuk bisa sampai ke seberang. Jalan itu lalu diperbaiki. Akan tetapi, saat ini kondisinya mulai memprihatinkan.

"Jika ruas jalan Dwi Marta putus lagi, ada 9.460 ribu jiwa masyarakat Inhu yang tinggal di Kecamatan Batang Peranap terisolir,” ucap Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Inhu, Dodi Irawan SHi.

Badan jalan itu, terangnya, saat ini sudah banyak amblas. Disampaikannya, pada tahun lalu pernah dilakukan gotong royong membangun turap menggunakan kayu dan mengerahkan sejumlah alat berat.

“Kondisi turap yang dibangun dengan kayu dan batu dalam karung itu sudah hanyut ke Sungai Indragiri," jelasnya.

Ketua Komisi II DPRD Inhu ini menambahkan, Jalan Dwi Marta terancam putus akibat abrasi Sungai Indragiri. Jalan ini, kata dia, merupakan jalan kabupaten, sementara pembangunan turap dipinggir DAS menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Pembangunan turap ini kewenangan pemerintah pusat. Kami minta pemerintah memperhatikan kondis jalan ini dan segera melakukan perbaikan," tuturnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)