Sambangi Rumah Warga Reaktif Covid-19, Bupati Kampar Antar Bantuan Presiden

Logo
Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto.

(RIAUHITS.COM) PANDAU JAYA - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, kembali turun memantau perkembangan meningkatnya angka penderita Covid-19 sekaligus sebagai upaya mengingatkan warga adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pada Kamis (26/5/2021), Bupati sempat menyambangi warga yang mengalami gejala reaktif Covid-19 di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu sembari menyerahkan bantuan dan obat-obatan dari Presiden RI Joko Widodo.

Pada kesempatan ini, Bupati Kampar juga menempel stiker “Jago Sodaro” sebagai pertanda sedang dilakukan isolasi mandiri di rumah yang ditempel stiker. Kegiatan ini dilakukan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto setelah memimpin apel siaga di Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lapangan upacara Puskesmas Siak Hulu.

Adapun dalam apel siaga Posko PPKM ini hadir Forkopimda Kabupaten Kampar, Sekretaris Daerah Yusri, Kepala Dinas Kesehatan Rahmat, Kalaksa BPBD Kampar H Dedy Sambudi, Kepala Kesbangpol Ardi Mardiansyah, serta Kepala Puskesmas Siak Hulu. Dalam pengarahannya selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Kampar, Catur Sugeng Susanto, lantaran peningkatan kasus Covid-19 mengalami peningkatan, diperlukan upaya-upaya yang konkret dan nyata untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19.

“Kami harus optimis virus Covid-19 akan segera pergi dari negeri yang kami cintai ini, apabila kami semua serius, bahu-membahu antar-stakeholder dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19,” ucapnya.

Di antara upaya yang dapat dilakukan untuk menekan laju penderita Covid-19, yakni dengan menerapkan PPKM. Ia juga mengingatkan agar seluruh stakeholder jangan lalai, fokus, mengutamakan kekompakan, menjalin komunikasi dan koordinasi antar-stakeholder sehingga memiliki satu visi dan misi dalam upaya memberantas penyebaran dan penambahan jumlah kasus Covid 19 di Kabupaten Kampar.

Ditambahkannya, Pemkab Kampar terus berupaya untuk menjadikan PPKM sebagai salah satu langkah yang diambil untuk menekan kasus Covid-19. Dalam pembatasan kegiatan masyarakat ini harus didukung seluruh lembaga dan stakeholder yang ada, di samping itu peran tenaga kesehatan sangatlah penting dalam menerapkan protokol kesehatan.

Adapun di Kabupaten Kampar sendiri terdapat lima kecamatan yang masuk Zona Merah atau angka penyebaran tertinggi dibandingkan nasional atau provinsi, yakni Kecamatan Tapung Hulu, Tapung, Siak Hulu, Tambang, dan Kecamatan Bangkinang Kota. Di lima kecamatan ini diberlalukan PPKM dengan mendirikan tenda posko cek kesehatan gratis di Puskesmas masing-masing.

Sementara itu, upaya lain yang dilakukan Satgas, yakni melakukan patroli setiap hari di posko-posko dan tempat keramaian lainnya. Hal ini pun penertiban pasar, tempat-tempat jualan makan minum, penertiban jam jual malam khusus Zona Merah hanya sampai pukul 21.00 WIB. Daerah yang belum masuk Zona Merah tutup pukul 22.00 WIB. Tim juga memantau rumah tempat ibadah, perlengkapan prokes utama cuci tangan, tersedia hand sanitaizer, serta menjaga jarak.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)