Peringatan HKN Ke-54, Pemkab Bengkalis Berikan Penghargaan untuk Sejumlah Tenaga Kesehatan

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) BENGKALIS - Penghargaan kepada lima tenaga kesehatan di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis diberikan oleh Pemerintah Bengkalis melalui Sekretaris Daerah Bengkalis, Bustami HY, usai upacara peringkatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 yang dilaksanakan di Kantor Bupati Bengkalis, Senin (12/11/2018).

Adapun penghargaan diberikan pemerintah Kabupaten Bengkalis pada 2018 ini dalam bentuk uang senilai Rp5,5 juta rupiah, yang diberikan kepada dr. Dian Putri Madanisti Kategori Medis, tempat tugas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil, Dedes Susila, Amd. Keb, Kategori Paramedis, bertugas di UPT Teluk Lecah, Kecamatan Rupat.

Penghargaan juga diterima Suharsanto, S.Kep, Kategori Paramedis, tempat tugas UPT Puskesmas Teluk Pambang, Magdalena T Sitorus, SKM, Kategori Kesehatan Lingkungan (Kesling), bertugas di UPT Puskesmas Duri Kota. Selanjutnya, Sri Sudarmi, AMAK, Kategori Ahli Teknologi Laboratorium Medik, tempat tugas di UPT Puskesmas Lubuk Muda,Kecamatan Siakkecil.

Pemenang lomba desa Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga tingkat Kabupaten Bengkalis 2018 juga mendapat hadiah, yakni Pemenang I diraih Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, diberikan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah. Pemenang II Desa Bathin Betuah, Kecamatan Mandau diserahkan uang sebesar 7,5 juta rupiah.

Kemudian, Pemenang III Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukitbatu dengan penghargaan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah. Di samping itu, penghargaan berupa uang sebesar Rp1 juta juga diberikan kepada UPT Puskesmas dengan pencapaian IVA Test deteksi dini kanker serviks dan payudara tertinggi mencapai 40 persen sekaligus penyerahan Krayotherapi, kepada UPT Puskesmas Lubuk Muda, dengan jumlah sasaran perempuan 30 sampai 50 tahun 612 jiwa.

Adapun jumlah capaian 620 ataus sekitar 101,3 persen dari target. Selanjutnya, penghargaan sebesar Rp1 juta kepada UPT Puskesmas dengan capaian Imunisasi Measles Rubella (MR) tertinggi. Penghargaan diberikan kepada UPT Puskesmas Muara Basung, Kecamatan Pinggir, dengan jumlah sasaran umur 9 bulan sampai 15 tahun dengan sasaran target 7.951 jiwa, sementara target dicapai sebanyak 7.772 atau sekitar 97 persen melebihi target 95 persen tahap II tahun 2018.

UPT Puskesmas dengan capaian persentase entri Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK) terbanyak dan tercepat tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018 juga diberikan. Penghargaan diberikan kepada UPT Puskesmas Sadar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, dengan jumlah data yang di entri 2.907 Kepala Keluarga (KK) atau 100 persen, juga diberikan penghargaan uang sebesar Rp1 juta.

Di samping penghargaan, usai Upacara Peringatan HKN, Plt Kepala Dinkes Bengkalis Supardi pun  menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada enam unit UPT Puskesmas se Kabupaten Bengkalis. Dua Puskesmas lulus dengan Akreditasi Madya, yakni Puskesmas Selat Baru, Kecamatan Bantan dan Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siakkecil.

Empat Puskesmas dengan Akreditasi Dasar adalah Puskesmas Bengkalis, Puskesmas Sungai Pakning, Kecamatan Bukitbatu, Puskesmas Duri serta Puskesmas Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara. Menurut Bustami HY, pemerintah juga masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang masih terjadi, antara lain, masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, serta penyakit menular dan tidak menular.

"Ini harus segera diselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang," katanya.

Dia pun meminta kepala dinas dan kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing masing. Puskesmas dan tenaga kesehatan juga harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat.

"Saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah cukup besar sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaikbaiknya," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)