Manajemen PLTA Koto Panjang Siang Ini Tutup Dua Pintu Pelimpahan Waduk

Logo
PLTA Koto Panjang, Kampar.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Tinggi bukaan empat pintu pelimpahan (Spillway Gate) waduk pada Sabtu (22/2/2020) ini akan dikurangi oleh Manajemen Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang. Sejam kemudia, dua pintu akan ditutup. Bukan itu saja, PLTA Koto Panjang pun akan menutup sebagian pintu pelimpahan secara bertahap.

Menurut Plt Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, untuk tahap awal akan dilakukan pengurangan tinggi bukaan pintu pada pukul 14.00 WIB.

"Dari yang sebelumnya tinggi bukaan pintunya 50 sentimeter akan dikurangi menjadi 30 sentimeter, turun 20 sentimer," katanya.

"Dengan diturunkannya tinggi bukaan pintu, kemungkinan akan terjadi penurunan permukaan sungai sekitar 30 sampai dengan 50 sentimeter," sambungnya.

Disampaikannya, pada pukul 15.00 WIB akan dilakukan penutupan sebagian pintu pelimpahan waduk PLTA.

"Setelah pengurangan tinggi bukaan pintu, nanti tahap dua akan dilakukan penutupan sebagian pintu pelimpahan. Akan dilakukan penutupan 2 pintu lagi sehingga dari 4x30 sentimeter menjadi 2x30 sentimeter," imbuhnya.

"Dengan diturunkannya tinggi bukaan pintu, kemungkinan akan terjadi penurunan permukaan sungai sekitar 20 sampai dengan 40 sentimeter dari kondisi terakhir permukaan air," jelasnya.

Ia menambahkan, pengurangan bukaan tinggi air dan penutupan sebagian pintu pelimpahan air waduk dilakukan lantaran debit air masuk (inflow) ke waduk berkurang.

"Kami tetap mengimbau masyarakat yang beraktivitas atau yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar untuk tetap waspada," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)