Karhutla di Desa Pangkalan Gondai Langgam Hanguskan 21 Hektar Lahan

Logo
Ilustrasi pemadaman lokasi karhutla.

(RIAUHITS.COM) LANGGAM - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Gondai Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan menghanguskan setidaknya 21 hektar lahan. Adapun Karhutla di Kabupaten Pelalawan masih berlangsung hingga Senin (17/9/2018), Karhutla di Desa Pangkalan Gondai dan Desa Penasikan Kecamatan Langgam belum teratasi sepenuhnya.

Diketahui, seluas 21 hektar lahan gambut telah gosong dilalap api yang terdeteksi sejak Jumat (14/9/2018) pekan lalu. Tiga hari proses pemadaman oleh tim dari personil gabungan darat, api sudah dapat dilokalisir dan pangkal kebakaran bisa dijangkau.

"Laporan terakhir hari ini, tim tinggal melakukan pendinginan di lokasi. Karena lahannya gambut, kami khawatir api naik lagi kalau tidak direndam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, Senin (17/9/2018).

Menurutnya, tim gabungan yang dibantu oleh perusahaan terdekat mengalami kesulitan dalam mencapai ke lokasi kebakaran. Lahan yang terdiri dari semak belukar dan sebagian kebun kelapa sawit milik warga payah ditembus untuk melokalisir titik api agar tidak meluas. Titik awal kebakaran sebenarnya ada di Desa Pangkalan Gondai yang berbatasan dengan Desa Penarikan, Kecamatan Langgam.

Namun, karena lahan gambut dan tidak bisa dilokalisir, api merembet terus hingga ke wilayah Desa Penarikan. Melihat upaya pemadaman darat sulit dilakukan, tim meminta bantuan pemadaman udara menggunakan helikopter waterbombing (WB). Dua hari berturut-turut tiga unit helikopter WB melakukan pengeboman air di titik kebakaran hingga padam.

"Sekarang tinggal menyisakan asap tipis dari sisa tukul kayu yang terbakar. Personel tetap stand by di lokasi untuk pendinginan," jelasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)