Ini Penyebab Rendahnya Realisasi APBD Riau Semester I 2020 Dibandingkan Tahun Lalu

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Dibandingkan dengan realisasi tahun 2019, realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau semester I tahun 2020 rendah. Pasalnya, realisasi APBD Riau hingga akhir Juni 2020 untuk keuangan 26,41 persen dan fisik 30,66 persen.

Sementara itu, pada tahun lalu, realisasi APBD untuk keuangan 38 persen dan fisik 44 persen untuk periode yang sama.

"Memang realisasi APBD Riau tahun ini kalau dibanding tahun dulu, sangat rendah," kata Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita, Senin (29/6/2020).

Disampaikannya, realisasi APBD Riau 2020 ini rendah lantaran terkendala pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Akibatnya, Pemprov Riau harus merealokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Namun, ditegaskannya bahwa saat ini Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) sedang mempercepat penggesaan realisasi APBD Riau 2020.

"Realisasi sekarang, kami sedang gesa kawan-kawan OPD untuk melakukan percepatan sehingga kami harapkan di bulan Juli bisa dilihat pergerakannya," tuturnya.

Meski demikian, kata dia lagi, sejumlah kegiatan di OPD sudah banyak yang jalan. Akan tetapi, untuk kegiatan yang bertentangan dengan Covid-19, tidak bisa dilaksanakan.

"Termasuk beberapa kegiatan juga harus dilakukan penyesuaian. Makanya realisasi APBD kami terlihat rendah. Namun, kami harus berusaha di akhir tahun realisasi dapat tercapai," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)