Gugus Tugas Kota Dumai Gelar Tes PCR setelah Satu Tenaga Kesehatan Positif Covid-19

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) DUMAI - Pada Kamis (16/7/2020), terdapat penambahan 1 kasus positif Covid-19 di Kota Dumai setelah sebelumnya sempat nihil. Adapun tambahan satu kasus baru ini merupakan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di kegiatan pelatihan pengambilan Swab bagi tenaga kesehatan Dumai, Senin (13/07/2020), yang ditaja oleh Dinas Kesehatan.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Syaiful, satu tambahan positif baru ini merupakan hasil PCR Test terhadap tenaga kesehatan di Kota Dumai pada Senin lalu. Satu pasien positif baru ini adalah pasien ke-28 berinisial HF, warga Kota Dumai dan bagian dari Gugus Tugas Kota Dumai.

"Ini merupakan hasil sceening PCR test pada kegiatan workshop pengambilan swab dan pemeriksaan rapid test Covid-19 pada hari Senin (13/07)," ucapnya.

Disampaikannya, pasien ke-28 dapat dikatakan sebagai pasien orang tanpa gejala (OTG). Gugus tugas sejauh ini sudah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan dan deteksi dini. Atas penambahan satu pasien baru ini, imbuhnya, sudah ada 28 pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD. Rinciannya 27 sembuh dan 1 orang masih dirawat dan diisolasi di RSUD.

"Terhadap 1 orang tambahan ini sudah kami lakukan tracking dan pengambilan swab kepada keluarga dan orang-orang terdekatnya," paparnya.

Atas tambahan 1 positif yang merupakan bagian dari gugus tugas ini, imbuhnya, direncanakan pada Jumat besok akan dilakukan tes PCR di kantor Gugus Tugas Dumai, sebagai langkah tracking dini.

"Saat acara ‎kegiatan workshop pengambilan swab dan pemeriksaan rapid test Covid-19 pada hari Senin (13/07), ada puluhan orang yang diambil tesnya. Namun, hanya 1 yang positif, sedangkan lainnya negatif," tuturnya.

Lebih jauh, kepada masyarakat Kota Dumai, ia meminta untuk disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak lebih dari 1 meter dan disiplin cuci tangan pakai air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

"Kami juga meminta kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah untuk urusan yang tidak urgen atau tidak wajib. Bila terpaksa keluar rumah, pastikan menggunakan masker dan jaga jarak," tuntasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)