Diskes Pekanbaru Diminta Lakukan Evaluasi usai Pemberian Vaksin Rubella Resmi Dihentikan

Logo
Ilustrasi pemberian vaksin.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Program imuniasi vaksin Measles Rubella (MR) di Kota Pekanbaru sejak Jumat (24/8/2018) lalu sudah dihentikan oleh Diskes. Namun, pemerintah kota diminta tidak berlepas tangan terkait hal ini. Pasalnya, puluhan ribu warga Pekanbaru sudah mendapatkan vaksin tersebut.

Adapun guna mengantisipasi jatuhnya korban, Komisi III DPRD Pekanbaru berharap Diskes mengevaluasi program yang sudah dijalankan tersebut, utamanya kepada anak-anak yang sudah disuntik vaksin MR.

"Saya sangat setuju dihentikan suntik vaksin ini. Apalagi sudah ada fatwa MUI mengandung zat haram. Jadi, kami minta dievaluasi ulang lagi," kata Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Dian Sukheri SIp, Selasa (27/8/2018).

Untuk diketahui, keputusan MUI yang menyatakan serum vaksim MR haram karena diproduksi oleh Serum Institute of India (SII), serta didistribusikan di Indonesia oleh Biofarma mengandung babi, dan human deploid cell atau bahan dari organ manusia.

Bukan itu saja, keputusan untuk menghentikan sementara vaksin MR tersebut pun terjadi lantaran banyaknya protes dan keberatan yang diajukan oleh sejumlah organisasi dan elemen masyarakat, yang menuntut vaksin campak, yang jelas dinyatakan haram oleh MUI tersebut untuk segera dihentikan. Vaksin MR itu mulai dilakukan sejak 1 Agustus hingga 30 September 2018.

Adapun fokus pemberian vaksin MR itu untuk anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Itu karena rentang usia itu yang sangat rentan terinfeksi virus rubella. Diketahui, total anak yang sudah disuntik imunisasi MR sampai hari sekarang 21 ribu lebih.

DPRD pun tidak bisa memaksakan orangtua harus memvaksin anaknya. Pasalnya, untuk melakukan vaksinasi MR, pihaknya harus mendapatkan persetujuan dari orangtua anak. Jika orangtua anak tidak setuju, imunisasi tidak akan dilakukan.

"Saat ini, kan sudah ada imbauan tidak boleh memaksa memvaksin. Makanya, kami minta semua sekolah tidak memaksa siswa-siswinya untuk vaksin. Lagi pula, vaksin MR kini harus mendapat persetujuan dari Diskes," jelasnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)