Disdik Pekanbaru Diminta Petakan Kebutuhan Sekolah Negeri Terkait PPDB 2021

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU – Pemetaan kebutuhan sekolah negeri untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini harus dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru. Hal ini sebagaimana permintaan Wakil Wali Kota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi.

Menurutnya, pemetaan harus dilakukan menyeluruh, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemetaan ini perlu dilakukan mengingat sejak beberapa tahun terakhir PPDB telah menerapkan sistem zonasi dengan memberi kuota lebih banyak bagi calon peserta didik tempatan.

"Jadi, penting dilakukan pemetaan kebutuhan kami berapa," ucapnya, Kamis (10/6/2021).

Disampaikannya, pemetaan kebutuhan sekolah pun penting sebab adanya pemekaran wilayah yang berdampak terhadap minimnya sekolah negeri di wilayah kecamatan maupun kelurahan yang dimekarkan.

"Misalnya, saya tinggal di Kelurahan Simpang Tiga karena ada pemekaran, SD dan SMP negeri masuk ke Kelurahan Air Dingin. Ini tentu berpengaruh terhadap sistem zonasi. Untuk itu, kami minta kepada kepala dinas untuk memetakan ini semua," paparnya.

Terkait sistem zonasi, ia mengaku banyak keluhan orang tua calon peserta didik baru, terutama yang bertempat tinggal jauh dari kawasan sekolah, lantaran tingginya kuota bagi peserta didik tempatan.

"Di 2019 karena banyak kali keluhan masyarakat, itu sempat saya sampaikan kepada kepala dinas supaya fair agar ada terobosan. Bisa enggak masuk sekolah negeri, itu seperti dulu, pakai tes," paparnya.

Namun, persoalannya, kata dia lagi, ternyata sekarang harus mengacu sesuai aturan Menteri Pendidikan.

"Ini aturan bersama yang tidak bisa kami langgar," tutupnya.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)