BBKSDA Riau Lepaskan Anak Beruang Madu yang Terjerat Perangkap Babi di Giam Siak Kecil

Logo
Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Jeratan babi yang dipasang warga di perkebunan sawit di Desa Kerikil, Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, menjerat seekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang diperkirakan berusia remaja.

Adapun peristiwa itu dilaporkan warga ke petugas pendamping Resort Duri Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Minggu (16/9/2018). Kemudian, laporan itu ditindaklanjuti oleh petugas dengan melakukan pengecekan ke lokasi bersama pemilik kebun. Begitu sampai di sana, ternyata benar saja, seekor beruang madu tampak terkena jeratan.

Beruang itu ditunggui oleh seekor beruang besar dewasa, yang diperkirakan merupakan induk dari beruang malang tersebut. Akan tetapi, atas pertimbangan keamanan dan kondisi lokasi yang cenderung mulai gelap, petugas pun memutuskan untuk kembali keesokan harinya untuk melakukan penyelamatan.

Petugas pendamping Resort Duri dibantu beberapa warga akhirnya melakukan upaya pembebasan terhadap beruang madu tersebut pada Senin (17/9/2018).

"Alhamdulillah semua lancar dan beruang tidak terluka dengan parah," ujar Kepala BBKSDA Riau Suharyono, Selasa (18/9/2018).

Usai berhasil diselamatkan, imbuhnya, beruang tersebut berlari kembali ke habitatnya. Setelah penyelamatan dilakukan, petugas melanjutkan dengan melakukan penyisiran pada areal sekitar untuk membersihkan jerat liar yang terpasang. Petugas juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak melakukan pemasangan jerat satwa di lokasi tersebut untuk menghindari terjeratnya satwa-satwa langka yang dilindungi.

"Saya juga sangat mengapresiasi kerja sama antara masyarakat dan tim quick response BBKSDA Riau yang berhasil menyelamatkan beruang yang terjerat tersebut," terangnya.

Lebih jauh, dia berharap untuk ke depannya masyarakat bisa semakin memahami pentingnya penyelamatan terhadap satwa yang dilindungi.(rzt)



BACA JUGA

Comments (3)

  • Logo
    - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)