Aset Lahan dan Bangunan di Riau Banyak yang Belum Bersertifikat, Ini Permintaan BPN Riau

Ilustrasi.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Aset pemerintah berupa tanah masih banyak yang belum memiliki sertifikat, baik milik TNI, Polisi, jalan raya, maupun bangunan sekolah lainnya. Hal itu diungkap oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau, Syahrir dalam acara sosialisasi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) 2020, di Gedung Daerah Balai Serindit Provinsi Riau, Senin (13/01/2020).

"Harusnya malu kami sama masyarakat, masa' masyarakat disuruh urus sertifikat, tapi pemerintahnya sendiri acuh? Makanya kami harapkan semua daerah mulai mengurus sertifikat masing-masing," katanya.

Ia pun meminta untuk pemerintah provinsi ataupun daerah agar tidak segan-segan memanfaatkan program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) untuk pembuatan sertifikat.

"Puskesmas, rumah ibadah, dan lainnya, gratis. Setiap tahun kami lakukan penetapan lokasi, baru kami terbitkan," tuturnya.

Kendati TORA sudah dianggarkan di dalam APBN, ia juga meminta bagi daerah yang memiliki anggaran berlebih agar dapat memasukkan TORA di dalam APBD untuk penerbitan sertifikat itu.

"Jadi, fokusnya bisa ke masyarakat umum, sementara aset pemerintah dananya dari pemerintah sendiri," jelasnya.

Di samping itu, ia juga meminta pemerintah sedari dini sudah memperhatikan aset miliknya, mulai dari pemasangan patok ataupun papan yang bertuliskan aset milik daerah.

"Mohon bupati dan wali kota memperhatikan aset-aset yang ada, segera urus sertifikatnya," tuntasnya.(rzt)


BACA JUGA

Comments (3)

  • - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)