972 Kasus Campak Terjadi di Riau, Pemerintah Imbau Masyarakat Segera Imunisasi Anak

Ilustrasi imunisasi campak.

(RIAUHITS.COM) PEKANBARU - Sebanyak 972 kasus Campak terjadi di Provinsi Riau, yang tersebar di 12 Kabupaten/Kota, berdasarkan data di Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Dari jumlah itu, kasus terbanyak ditemukan di Kabupaten Siak 29,2 persen; Pekanbaru 26,7 persen; Dumai 18,4 persen; dan Pelalawan 7,4 persen.

Adapun Indragiri Hulu sendiri 6,0 persen; Kampar 5,9 persen; Bengkalis 4,9 persen; Meranti 2,9 persen;; Inhil 2,3 persen; Rokan Hulu 1,7 persen; Rokan Hilir 1,1 persen; dan Kuansing 0,2 persen.

"Ini menandakan jumlah kasus campak di Riau itu masih tinggi dan tentunya ancaman campak ini masih besar bagi generasi kita di Riau," kata Kadinkes Riau Mimi Yuliani Nazir.

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengeliminasi dan memutus mata rantai virus itu, terangnya, hanya dengan melakukan imunisasi, yang disasar pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

"Namun, kami di Riau saat ini menghadapi persoalan masih minim partisipasi masyarakat di mana masih 18,47 persen realisasi dari target 1.955.700 anak," ulasnya.

Yang mengejutkan lagi, dari capaian per-Provinsi di Indonesia saat ini, Riau berada di peringkat dua terendah setelah Aceh, sedangkan di atas Riau adalah Sumatera Barat.

"Makanya saya harapkan orangtua harus tahu betapa pentingnya memberikan imunisasi pada anak karena ancaman penyakitnya sangat berbahaya, mulai dari kelainan jantung, gangguan pendengaran, penglihatanm, dan peredaran darah serta cairan di kepala," paparnya.

Sementara itu, untuk target pelaksanaan imunisasi Measles Rubella di Riau sendiri direncanakan pada Agustus dan September ini. Karena itu, bagi masyarakat yang ingin memberikan anaknya imunisasi, dapat langsung datang ke Puskesmas terdekat.

"Langsung datang ke Puskesmas baik itu anak yang sudah berusia sekolah. Saat ini pelayanan kesehatan akan memberikan imunisasi itu," jelasnya.

Di sisi lain, ditegaskannya bahwa tidak ada lagi kabupaten/kota yang tidak melaksanakan imunisasi itu. Bahkan, semua dinas kesehatan juga sudah menjalankan Intruksi dari gubernur yang meminta agar dilaksanakan suntik imunisasi tersebut.

"Ini demi anak kami di Riau terhindar dari bahaya penyakit berbahaya. Apalagi MUI juga mendukung pelaksanaan kegiatan kami ini," tuntasnya. (rzt)


BACA JUGA

Comments (3)

  • - Tahmina Akthr

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Velit omnis animi et iure laudantium vitae, praesentium optio, sapiente distinctio illo?

    Reply

Leave a Comment



Masukkan 6 kode diatas)